Serunya Outing Class di Kebun Binatang Kasang Kulim Kampar Pekanbaru

Pada hari Kamis tanggal 29 Maret 2018 seluruh peserta didik kelas 1 Al Khawarizmi dan 1 Al Buzjani dan tim guru Islamic School of Riau Global Terpadu (IRGT School) telah melaksanakan kegiatan Outing Class ke Kebun Binatang Kasang Kulim Kampar Pekanbaru. Alhamdulillah semua rangkaian kegiatan pada outing class ini berjalan lancar.

Perjalanan dari sekolah menuju kebun binatang Kasang Kulim pagi itu memakan waktu hampir satu jam. Ada yang diantar langsung oleh orang tua dari rumah ke kebun binatang da nada yang dititipkan orang tua melalui sekolah. Perjalanan diperkirakan terlambat hal itu karena terjadinya kemacetan di jalan jend. sudirman menuju lokasi.

Tiba di lokasi parkir Kebun Binatang Kasang Kulim sekitar pukul 08.30. Suasana lokasi masih lengang meskipun nampak ada beberapa rombongan dari sekolah lain yang juga akan melakukan outing class di kebun binatang ini.

Sebelum berkeliling mengamati berbagai jenis binatang, seluruh peserta didik diberikan pengarahan singkat. Lalu semuanya melaksanakan Pemanasan olah raga di taman  yang berada  di dalam area kebun binatang, dilanjutkan dengan sarapan. Seluruh peserta didik dan guru masing-masing mendapatkan makanan untuk sarapan das nada juga yang membawa sendiri.

Pada akhirnya seluruh rombongan mulai diatur barisan untuk mendapatkan tugas dengan membagikan selembaran kertas guna diisi saat keliling dikebun binatang, lalu satu per satu memasuki area Binatang-binatang.

Untuk bisa mengamati berbagai jenis hewan yang ada di kebun binatang ini, rombongan berkeliling dari lokasi satu ke lokasi lainnya dengan berjalan kaki. Agar bisa mengamati setiap hewan yang kami lihat dari jarak dekat, sengaja tidak menyewa kereta mobil yang sebenarnya tersedia di tempat itu.

Maasyaa Allah, Sang Pencipta telah menciptakan segala jenis binatang dengan berbagai karakteristik yang berbeda satu dengan yang lainnya. Namun ada juga binatang yang memiliki kesamaan, seperti sama-sama berkaki empat, sama-sama hidup di darat serta memakan rumput seperti  kuda, gajah dan lainnya. Ada pula binatang yang memakan daging seperti macan, singa dan burung elang.

 

Dengan mengamati makhluk-makhluk tersebut dari dekat, sesungguhnya ada pelajaran yang ingin ditanamkan kepada seluruh peserta didik. Bahwa keberadaan semua jenis binatang ini tidak lain adalah sebagai media  agar manusia bisa berfikir, bahwa dibalik keberadaan binatang yang memiliki keunikan berbeda-beda yang menakjubkan tersebut pastilah ada sang pencipta hebat yaitu Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى, yang tak ada manusia sehebat dan secerdas apapun mampu menandinginya.

Binatang memanglah berkedudukan lebih rendah dibanding dengan manusia.  Tapi kita tentu harus menyayangi binatang karena mereka juga adalah ciptaan Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى sebagaimana manusia. Bahkan di bumi ini banyak sekali binatang yang memiliki  keistimewaan yang Allah berikan dan beberapa diantaranya ada yang namanya diabadikan dalam Al-Qur’an. Seperti binatang semut, lebah, dan gajah.

Saat dikatakan kepada siswa bahwa kegiatan berkeliling telah selesai, ekspresi wajah mereka ada yang senang ingin segera pulang karena lelah, ada juga yang belum puas karena masih banyak binatang yang belum dilihat secara dekat. Tak terasa hari sudah siang dan waktunya untuk kegiatan selanjutnya dengan mewarnai dan mengumumkan juara mewarnai.