Keikutsertaan OSN 2018 tingkat SMP Se-Kota Pekanbaru

Alhamdulillah SMP IRGT School pada tahun 2018 mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) se-kota Pekanbaru yang dilaksanakan pada 24 Maret 2018 di sekolah Witama Nasional Plus Pekanbaru, Adapun peserta dari SMP IRGT School mengirimkan 3 peserta OSN diantaranya ;

  1. Aqila Kelas VIII Zaid Bin Haritsah
  2. M. Shaquille Kana Kelas VIII Zaid Bin Haritsah
  3. Aditya Rahman Dias Kelas VII Zubair Bin Awwam

Untuk tahun ini belum meraih juara yang diharapkan, tetapi bersyukur bisa mengikuti dan sebagai peserta Olimpiade Sains Nasional Se-Kota Pekanbaru sebagai pengalaman bagi peserta didik dan semoga kedepan bisa menjadi lebih baik lagi.

Adapun Latar Belakang Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan kegiatan lomba bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang diselenggarakan dalam rangka penuntasan wajib belajar yang bermutu. Olimpiade Sains Nasional bertujuan memotivasi dan menumbuhkembangkan atmosfir kompetisi yang sehat serta mendorong sekolah berperan memfasilitasi siswa untuk meningkatkan kemampuan akademis dalam bidang Matematika, IPA dan IPS. Diharapkan melalui olimpiade ini dapat menstimulus peningkatan mutu pendidikan dan menghasilkan bibit unggul yang dapat berkompetisi pada olimpiade internasional.
Manfaat Kegiatan OSN merupakan salah satu wahana bagi siswa yang dapat menumbuhkembangkan semangat kompetisi akademik dan mendorong keberanian bersaing secara sehat, sekaligus untuk meningkatkan kemampuan akademik dalam bidang Matematika, IPA dan IPS dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.
Tujuan Umum Tujuan umum OSN adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang Matematika, IPA dan IPS yang berasaskan pendidikan karakter.
Tujuan Khusus
  1. Memotivasi sekolah agar berperan aktif memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan mutu pembelajaran Matematika, IPA dan IPS.
  2. Membangkitkan minat peserta didik untuk mencintai dan memupuk kegemaran terhadap bidang Matematika, IPA dan IPS.
  3. Menumbuhkembangkan kemampuan peserta didik untuk berfikir kritis, sistematis, kreatif, inovatif, dan produktif sebagai bekal dalam kehidupan.
  4. Menanamkan kesadaran dan keberanian peserta didik untuk mencoba, belajar menerapkan secara langsung, dan dapat berprestasi secara optimal.
  5. Menanamkan sifat kompetitif dan kerjasama yang sehat sejak dini.
  6. Memetakan kemampuan peserta didik dalam bidang Matematika, IPA dan IPS sesuai standar mutu pendidikan secara nasional.
  7. Mengidentifikasi peserta didik berprestasi di setiap sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional dalam bidang Matematika, IPA dan IPS.
  8. Menyeleksi peserta didik terbaik tingkat nasional pada jenjang SMP, MTS atau yang sederajat untuk diikutsertakan pada perlombaan tingkat internasional.
  9. Memberikan penghargaan kepada peserta didik yang berprestasi dalam bidang Matematika, IPA dan IPS.

Yang jelas, tujuan diadakannya lomba ini dan keikutsertaan sekolah adalah untuk mencari bibit-bibit yang bermutu untuk kemajuan pendidikan di negeri ini. Semoga kedepan lebih baik dan Berhasil.