Manfaat Olahraga bagi Pertumbuhan Anak

 
Olahraga merupakan aktivitas yang juga diperlukan oleh tubuh, apalagi pada usia anak masih disekolah dasar, olahraga sangat diperlukan, karena dengan olahraga tubuh akan menjadi sehat, dengan olahraga pula kebugaran akan didapatkan, untuk anak yang masih sekitar umur 7 sampai 12 tahun olahraga sangat bermanfaat bagi perkembangannya, baik perkembangan secara biologis maupun perkembangan secara psikologis, dengan adanya olahraga, fisik anak akan terlatih, sehingga anak akan bekembang menjadi anak yang kuat, dan tidak mudah sakit. Karena sebenarnya olahraga merupakan latihan dasar untuk memelihara tubuh dan meningkatkan system imun tubuh atau sisitem kekebalan tubuh. Dengan olahraga secara rutin kebugaranpun akan didapatkan. Lalu apa manfaat olahraga untuk anak SD usia 7 sampai 12 tahun. Berikut ini diantaranya :
1. Membantu memelihara kesehatan
Pada usia anak SD adalah usia dimana tubuh akan lebih aktif untuk melakukan perkembangan oleh sebab itu perlu dilakukan olahraga agar kesehatannya terjaga, dengan olahraga akan mengurangi resiko dari penyakit penyakit, perkembangan pada anak usia SD memang sangat pesat, termasuk perkembangan pada bentuk badan, jika anak kurang melakukan olahraga bisa jadi semakin lama akan semaakin menumpuk penyakit yang akan menyebabkan obesiatas. Dan dari obesitas itu biasanya akan membawa penyakit penyakit lain seperti penyakit jantung, penyakit stroke dan juga penyakit diabetes.
2. Membuat anak lebih aktif dan produktif
Hal ini terjadi karena efek dari rajin olahraga sesuai dengan takarannya akan membuat tubuh menjadi bugar, itu artinya olahraga tidak perlu berlebihan, bila olahraga berlebihan justru akan menyebabkan kelelahan yang tidak berarti, bukan malah menjadi sehat tapi malah menjadi sakit. Dengan olahraga sesuai dengan porsinya memang mampu membuat anak menjadi lebih aktif dan produktif karena tubuh mereka cenderung lebih sehat.
3. Baik untuk pertumbuhan
Seperti halnya penjelasan pada point pertama, bahwa usia-usia seperti itulah usia mulainya aktif dalam pertumbuhann, olahraga yang benar, baik dan rutin akan memban hormon merangsang tubuh dan meningkatkan daya pertumbuhan yang sehat. Sehingga dengan tumbuh tubuh yang sehat anak akan lebih mudah untuk menggapai potensi yang dimilikinya, karena olahraga yang cukup dan rutin tidak hanya mempengharui kesehatan tubuh saja, tetapi juga kesehatan psikologis dan daya nalar anak.
4. Menumbuh kembangkan sifat sosial di kalangan masyarakat

Olahraga pastilah membutuhkan orang-orang yang ada disekitar, memang olahraga dapat dilakukan sendiri, namun alagkah lebih menyenangkan diusia seperti ini olahraga dengan abanyak teman, dalam permainan olahraga anak biasanya akan ada latihan kekompakan, latihan berkomunikasi dan juga latihan memerintah, sehingga akan mudah bagi anak belajar social dari olahraga. Dengan begitu anak akan mengerti dengan sendirinya apa itu persahabatan, apa itu persaingan dan apa itu kemenangan serta kekalahan. Dengan olahraga pula anak akan belajar menyelesaikan masalah yang ada pada dirinya.

5. Membantu perkembangan anak
Olahraga pada usia ini biasanya olahraga daengan permainan, sehingga anak akan belajar mengembangkan fungsi panca indra, karena dalam permainan olahraga anak akan terdapat perintah, aturan main dan juga kerja sama, ada pula mencari soslusi dan bagaimana mencapai tujuan. Misalnya bermain kucing-kucingan. Disini akan ada aturan main, seperti yang menjadi kucing dapat berlindung didalam lingkarang dan manusia yang memburunya tidak boleh masuk dalam lingkungan, jadi anak akan berfikir pula untuk melakukan perainan ini, sang anak pun akan terlatih untuk mentaati peratruan, kerja sama yang terjadi disini adalah masing-msing temaan akan menjag si kucing itu agar tidak tertanggkap oleh manusia yang mengincarnya, begitu seterusnya.

6. Menjaga kesehatan jantung
Olahraga yang dilakukan anak secara rutin akan membantu jantung untuk bekerja lebih maksimal, jantung akan menjadi lebih kuat dan juga oksigen akan mudah menyebar ke semua sel sel yang ada didalam tubuh.

7. Melatih kecerdasan
Anak yang senang olahraga akan melatih kecerdasan, karena olahraga membutuhkan strategi untuk mendapatkan yang terbaik, untuk itu dengan rajin anak berolahraga anak akan lebih sering mengatur strategi dan juga mengasah kecerdasannya. Olahraga pun mampu untuk membuat koordinasi kerja otak sehingga berkembang semakin bagus, dengan rajin berolahraga anak akan lebih mudah menyerap informasi yang diberikan.

8. Lebih percaya diri
Anak akan lebih percaya diri karena jiwa social dan kecerdasan selalu terasah dengan melakukan olahraga, selain itu ketrampilan pun dapat terasah dengan olahraga.

9. Membantu anak untuk berlatih sportif
Karena dalam permainan olahraga akan ada menang dan kalah, namun disini hanyalah sebuah permainan jadi disetiap perainan tidak boleh ada dendam ataupun yang lainnya. Dalam olahraga juga akan diajari bagaimana cara menghargai dan memantaskan diri, menghargai jika ada temannya yang kalah, bukan malah megolok-oloknya, karena itu akan menimbulkana pertengkaran yang tidak baik untuk psikologis anak, dengan olahraga guru pasti akan mengatakan bahwa ini hanya sebuah permainan dan harus sportif, jadi tidak akan ada perbuatan curang.

10. Mengajarkan untuk dapat bekerjasama
Seperti telah dijelaskan dipoin-poin sebelumnya, bahwa permainan olahraga dalam olahraga anak SD akan membantu untuk anak dalam bekerjasama, karena biasanya olahraga pada usia SD adalah olahraga yang dilakukan secara berkelompok.

11. Membantu anak untuk menentukan tujuan
Dengan berolahraga pasti akan ada target yang di capai, misalnya olahraga berlari, pasti target yang dicapai adalah finish dan itu akan merangsang otak anak untuk mencapai finish.

12. Membina ketekunan
Anak pasti akan memiliki hal yang menyemangati dirinya untuk menjadi yang lebih baik, untuk itu anak pastilah akan menjadi tekun ketika melakukan olahraga. Karena olahraga harus dilakukan rutin, jadi anak akan lebih terlatih untuk melath rutinitas, ini berarti juga melatih ketekunan pada anak untuk rutin berolahraga.
Itulah sekiranya manfaat yang bisa didapatkan pada anak yang rajin melakukan olahraga, dengan begitu anak akan lebih berkembang menjadi anak yang baik. Maka latihlah anak untuk olahraga sejak sedini mungkin. Semoga bermanfaat.

 

Sumber : http://manfaat.co.id